Sabtu, 24 Maret 2012

Review : An American Girl Chrissa Stands Strong

Saat ini, aku ingin me-review mengenai sebuah film. Walau dalam film ini, pemain utama adalah anak2, dan menceritakan tentang anak2, tapi makna yang disampaikan sangatlah bagus. Film ini mengenai persahabatan.

Sinopsis :
Chrissa beserta keluarganya pindah ke rumah neneknya. Mereka pindah karena ibunya mendapat pekerjaan disana. Hal ini mengakibatkan Chrissa harus berpisah dengan sahabat baiknya. Tapi, walaupun berpisah mereka masih berkomunikasi. Pindah ke rumah neneknya pun, mengharuskannya beserta saudara laki-lakinya untuk memulai kehidupan yang baru di sekolah yang baru. Saat hari pertama sekolah, saudaranya langsung memiliki sahabat, sedangkan Chrissa malah bertemu dengan anak-anak yang 'suka mengganggu'. Hal ini membuat Chrissa cukup sedih, belum lagi ia sering diejek oleh mereka, baik saat belajar di kelas, dan juga saat ekskul renang di sekolah. Tapi, hal-hal tersebut tidak membuatnya langsung marah/emosi. Hal-hal yang ia lakukan setiap kali ia 'diganggu' adalah membayangkan dalam pikirannya bahwa ia bisa mengalahkan mereka. 

Hari demi hari di sekolah ia lalui, dan berusaha mencari sahabat yang baik. Hingga akhirnya, ia memiliki 3 orang sahabat yang sangat baik. Satu anak adalah seorang yang dulunya pendiam, satunya lagi berasal dari sekelompok anak yang suka 'mengganggu'.  Mereka sering berpergian bersama-sama serta memakai benda yang seragam berupa bandana. Melihat hal tersebut, anak-anak 'pengganggu'yang lainnya berbuat hal2 yang tidak baik. Mereka mempublikasikan hal-hal yang jelek mengenai Chrissa. Hal ini membuat Chrissa sangatlah sedih dan akhirnya ia pun memberitahukan hal tersebut kepada orangtuanya. Mereka pun menolong Chrissa, dan akhirnya Chrissa beserta sahabatnya dan anak-anak 'pengganggu' bersahabat.

Screen Capture
Untuk info lebih lengkap, teman-teman bisa kunjungi webnya di : http://www.americangirl.com/movie/chrissa/

What can we learn? :
Ketika kita memasuki lingkungan baru, seperti sekolah baru, berusahalah untuk dapat beradaptasi dengan baik. Carilah teman yang dapat membawa pengaruh yang positif. Jika di lingkungan baru kau merasa dikucilkan, tetaplah jadi dirimu sendiri dan berusaha mencari teman. Jika ada orang-orang 'pengganggu' yang mengejekmu atau menyakiti perasaanmu, janganlah takut untuk berbicara kepada orang yang memiliki otoritas lebih tinggi, seperti kakakmu/orangtuamu/kakek-nenekmu/gurumu/dll. Janganlah kita hanya diam saja karena takut dianggap seorang pengadu jika kita 'speak up' sama orang lain. Beranikanlah dirimu. Pasti ada jalan keluar untuk semuanya itu.
 Melalui film ini, kita juga dapat belajar mengenai 'the important words in friendship' sbb.:
- Hello : ini merupakan kata pertama dalam persahabatan
- Courage : dibutuhkan keberanian untuk mengungkapkan suatu 'bullying' (kekerasan/intimidasi) dan dibutuhkan keberanian untuk berhenti 'bully' (menggertak/mengintimidasi)
- Accept : terima apa adanya karena tidak ada seseorang yang lebih baik atau lebih buruk daripada orang lain. Semuanya memiliki keunikan masing-masing.
- Forgive : Sekali kita memaafkan, kita akan melangkah maju
- Stength : Apapun yang terjadi di sekitar kita, sangatlah penting untuk tetap kuat dan jujur pada diri kita
- Kind
- Stop envy
- Loyal
- Nice
- Love
- Fair
- Peace
- Free give
- Stop bullies
- Care

 Ni ada sebuah video ttg 'last part of this movie' yang aku dapet dari youtube..

! Be courageous, Be A Friend, Be Yourself !

2 komentar: