Selasa, 20 Maret 2012

Forgiveness

At this time, we'll discuss 'bout Forgiveness atau dalam bahasa indo artinya 'mengampuni'..
Teman-teman, kalo kita berbicara tentang pengampunan atau forgiveness  dalam aplikasinya tidaklah mudah dilakukan bagi semua orang. Belum lagi jika hal yang dilakukan oleh seseorang itu sangatlah susah untuk dimaafkan. Tidak setimpal rasanya kalo hal-hal yang menyakitkan hati itu diganti dengan kata maaf. Tapi, saat ini aku mw nunjukin satu video tentang 'forgiveness'. Dalam video ini disampaikan bahwa actually forgiveness is important to us..
Let's check it out!


Gimana menurut teman-teman?... (Isn't it touching?)
Video ini diberitahukan kepadaku oleh salah seorang temanku via FB. Pertama kali aku menontonnya, pendapatku adalah 'Wow, it's amazing!". Pemuda dalam video ini menunjukanku bahwa sesakit apapun hati kita karena hal2 kejam yang dilakukan orang lain, haruslah kita mengampuninya/memaafkannya. Bayangin deh, dalam hidup pemuda itu, orang2 yang ia sayangi, harapan2nya, semuanya telah diambil oleh orang yang saat itu ada di penjara. Dimana orang yang dipenjara adalah ayah kandungnya sendiri. Seseorang yang dari kecil telah ia kenal, seseorang yang juga sangat disayanginya, seseorang yang ia pikir dapat melindunginya/menjaganya dengan baik, seseorang yang seharusnya menjadi pemimpin/teladan yang baik dalam keluarga, ternyata telah membuat masa depan anaknya sendiri seakan-akan menjadi hilang,pupus, hancur. Tapi, diakhir video ditunjukkan bahwa ia memaafkan ayahnya.

Well,what a very inspired video, isn't it?
Memang untuk memaafkan seseorang tidaklah mudah, dibutuhkan hati yang lapang untuk menerima semua yang pernah dilakukan oleh orang lain terhadap kita. Tapi, tahu gak teman2? Jika kita tidak bisa memaafkan seseorang, dan terus menyimpannya di dalam hati, itu justru tambah menyakiti hati kita. Hal2 seperti dendam, marah, kesal, dsb. bisa menimbulkan akar pahit dalam hati kita. Ketika kita menyimpan akar pahit tsb dalam hati, bahkan membuatnya bertambah banyak, bisa-bisa hati kita 'membengkak' karena tidak dapat lagi menampung akar-akar pahit itu. Bahkan, berdasarkan hasil riset, jika kita terus memendam rasa benci, marah, dsb. dalam hati, kita akan terkena penyakit kanker. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memaafkan seseorang.

The next question is how can we forgive someone? why is it so hard?
Masalah yang banyak terjadi mengapa kita tidak dapat memaafkan seseorang yang sebenarnya  dekat dengan kita adalah karena kita hanya melihat kesalahnnya saja dan melupakkan hal-hal baik lainnya yang telah ia lakukan kepada kita. Temanku pernah memberi sebuah ilustrasi sepert ini ; "Ada sebuah kertas putih kosong dan di kertas itu ada gambar titik2 hitam baik kecil maupun besar. Kertas menunjukan kehidupan seseorang Bagian titik2 hitam menunjukan kesalahan2 yang pernah dibuatnya. bagian berwarna putih menunjukan kebaikan2 yang pernah dibuatnya". Dari ilustrasi ini kita dapat belajar bahwa janganlah kita melihat orang hanya dari titik2 hitam yang dibuatnya. Memang titik2 hitam itu sangatlah mudah terlihat, tapi lihatlah juga pada bagian putih yang memiliki bagian lebih luas dari pada titik2 hitam.
Masalah lainnya adalah bagaimana jika orang yang menyakiti kita bukanlah orang terdekat kita, dan kita tidak terlalu mengetahui tentang kebaikan orang tersebut? Jawabannya: Tetaplah berusaha untuk memaafkannya. Jika hal itu sangat susah, ingatlah akan hal di atas mengenai dampak yang timbul jika kita terus memendam rasa marah/benci kita. Tentu kita semua tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi pada tubuh kita (*spt. penyakit kanker). Oleh karena itu, forgive him/her. Orang disebut bijak dan tulus ketika orang tsb. tidak menyimpan kesalahan orang lain dalam hatinya.

"When deep injury is done to us, we never recover until we forgive..
Forgiveness doesn't change the past, but it does enlarge the future."
-Mary Karen Read-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar