Jumat, 23 Maret 2012

Tips Menghadapi Ujian

Ring...ring...ring..
(jam pelajaran segera dimulai)

Yup,, today's article is 'bout examination a.k.a ujian..
Karena, saat ini aku adalah siswi kelas 3 SMA, itu berarti bahwa akan ada banyak ujian yang harus aku lewati. Pertama-tama, ujian harian, kemudian ujian semester, lalu ada try out 1,2,3, ujian sekolah, ujian praktek, ujian nasional, dan ujian masuk perguruan tinggi (*semoga aku gak ikut ujian yg satu ini, krn aku sdh daftar lewat jalur undangan, dan berharap pas pengumumannya nanti bisa lolos.Amin! :) :D).

Sebelum ujian, ada kalanya kita merasa gugup, takut, resah, dsb. Mungkin akan terlintas dipikiran kita ; "Bagaimana jika aku lupa kalimatnya?" , "Bagaimana jika hasilnya nanti jelek?", "Bagaimana jika aku lupa rumusnya?", dsb. Tentu hal itu akan mengganggu kita saat mengerjakan ujian. Dan bisa saja, hal tersebut akan berdampak pula pada hasil ujian kita. Kemudian, setelah melihat hasil yang kurang memuaskan itu, ada dari kita yang akan merasa sedih, belum lagi berpikiran bagaimana jika orangtua dirumah akan marah pada kita, dsb. Semua orang pasti ingin memberi yang terbaik. 

Oleh karena itu, aku ingin memberi beberapa tips dalam menghadapi ujian :

1st. Belajar dan Berdoalah

Belajar membantu kita menguasai materi dan menghafalnya dengan baik. Jangan beranggapan bahwa kita masih dapat mengerjakan ujian karena kita bisa berharap pada teman kita dan bisa bertanya padanya. Tetaplah belajar karena hal ini akan berguna bagi masa depan kita. Sungguh baik jika kita belajar 'bersama2' tetapi tidak 'bersama' mengerjakan ujian daripada jika kita belajar/tidak belajar dan mengerjakan ujian 'bersama2'. Karena ini bisa membuat hidup kita selalu bergantung pada orang lain dan hal itu dapat mempengaruhi masa depan kita kelak. Berdoa pun akan memudahkan kita untuk bisa belajar dengan baik. Ketika kita berdoa, itu juga berarti bahwa kita berserah pada Tuhan, dan hendaknya dalam doa kita, katakan bahwa kita mengandalkanNya (bukan mengandalkan manusia) untuk menolong kita saat mengerjakan ujian. Tuhan pasti akan memampukan kita saat ujian. 
Tapi, yang perlu diingat adalah ; jangan hanya terus menerus belajar tanpa berdoa atau terus menerus berdoa tanpa belajar. Hendaknya kedua hal tsb. berjalan bersamaan dalam hidup kita. Ketika kita belajar dan berdoa (berserah) sungguh2 kepada Tuhan, sekiranya kita dapat menghadapi ujian dengan baik.
                      


2nd. Berpikirlah positif
Ingat gak kalimat spt ini "Jangan kalah sebelum bertanding" ? Kalimat ini berarti bahwa janganlah kita putus asa atau langsung menyerah sebelum kita mencobanya. Jangan memulai ujian kita dengan pikiran2 negatif seperti "Bagaimana jika aku lupa atau tidak hafal?", tapi berpikirlah positif, katakanlah dalam hati "Aku bisa, aku sudah belajar, dan semoga Tuhan menolongku". Hal itu akan membuat suatu perbedaan besar dalam dirimu, dan membuatmu berani untuk menghadapi ujian.

3rd. Jagalah kesehatanmu
Tidak enak rasanya jika kita mengikuti ulangan dalam keadaan yang cukup lemah. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan kita makan sembarangan atau bertindak sembarangan. Tidurlah yang cukup. Dengan tubuh yang sehat/segar, kita dapat lebih berkonsentrasi saat mengerjakan ujian.

#Additional suggestion
Beberapa hari yang lalu, temanku menunjukan sebuah gambar (via hp) yang memberi motivasi buatku. Here the picture is...
What a great letter, isn't it? ^_^
Surat ini bermakna bahwa ; memang kita tidak boleh bersantai-santai saja dan harus memikirkan persiapan kita sebelum menghadapi ujian, tapi janganlah kita terlalu berpikir banyak, atau terlalu khawatir dengan ujian tersebut. Tidakkah kita ingat, bahwa Tuhan, (our Creator, our Best Teacher) tidak akan membiarkan kita ? Tuhan berkata bahwa kita cukup melakukan bagian kita, dan sisanya biarkan Tuhan yang mengaturnya. Apa bagian kita? Itu adalah ketiga hal diatas, yaitu belajar & berdoa, berpikir positif, dan jaga kesehatan. Tentang hasil ujian, apakah kita juara atau tidak, dimana kita akan kuliah nanti, dll. biarkan Tuhan yang mengaturnya. Percayalah padaNya, karena Ia memiliki rancangan yang jauh lebih indah dari yang manusia pikirkan. Bahkan terkadang, kita tidak menyangkanya, tapi tetaplah percaya dan berserah penuh padaNya. Walaupun kita juga belum berkesempatan mendapat juara, tetaplah bersyukur karena kita sudah beri yang terbaik. Ingatlah bahwa segala sesuatu akan jadi indah pada waktunya.

"Ora et labora"
"Give the best"
"Be joyful always"

2 komentar:

  1. article sebagus ini belum ada komentar. Aku yang komentar, meski sekarang sudah mahasiswa, tapi tetap menghadapi ujian ujian di setiap blok. Tetap mengedepankan prinsip imanmu. Kamu Gadis yang baik.

    Salam,
    Virdy

    BalasHapus
  2. Ilustrasi surat yang bagus dari Tuhan Yesus buat murid ( siapa saja yang lagi belajar, baik di bangku sekolah, di bangku kuliah, ataupun di kehidupan sehari-hari ).

    Hari ini murid-murid saya akan diberikan pembekalan/persiapan menghadapi UAS/UN. Ujin Copy Paste dan Forward artikelnya ke murid-murid saya.

    Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.
    Salam,

    Wondo

    BalasHapus