Selasa, 20 Maret 2012

Renungan Kristen - Kemegahan yang Pasti

Bacaan Alkitab : Roma 5:1-11

Dalam hidup ini, kita sering sekali bermegah atau berbangga hati. Contohnya; sebagai seorang siswa kita pasti bangga jika memiliki nilai ulangan yang baik, sebagai seorang sahabat kita pasti bangga jika kita memiliki sahabat yang banyak, sebagai seorang saudara kita pasti bangga jika adik/kakak kita berhasil memenangkan sebuah kompetisi, dsb. Kebanggan/kemegahan yang kita rasakan seperti contoh sebelumnya merupakan kemegahan yang sifatnya belum pasti karena masih menggunakan kata 'jika' (pemisalan/berandai-andai).
Melalui pembacaan saat ini, kita akan membahas mengenai suatu kemegahan/kebanggan yang pasti. Kemegahan yang pasti ini dapat kita rasakan ketika kita telah menjadi anak-anak Tuhan, yaitu ketika kita percaya bahwa Yesus adalah satu-satunya Juruselamat dalam hidup kita.

Berdasarkan pembacaan kita, sebagai anak Tuhan kita dapat berbangga atau memiliki kemegahan yang pasti dalam beberapa hal berikut ini :
1. (ayat 2) Dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.
Ketika kita menjadi anak-anak-Nya yang berharap atau berserah padaNya, maka Ia pasti akan memberkati kita. Di sepanjang hidup kita, Tuhan pasti menuntun dan menyertai kita. 
2. (ayat 3) Dalam kesengsaraan
Dalam kesengsaraan sama halnya dengan dalam penderitaan kita. Dalam hidup ini, apalagi sebagai orang percaya, akan banyak tantangan dan pergumulan yang kita hadapi. Tetapi Allah mengajak kita untuk tidak bersedih atau berputus asa, melainkan bersyukur atas pergumulan yang kita hadapi. Sebab pergumulan menimbulkan ketekunan, ketekunan menimbulkan tahan uji, tahan uji menimbulkan pengharapan. Pengharapan tidaklah mengecewakan karena kasih Allah telah dicurahkan di dalamNya. Jadi hal yang pasti adalah Allah tidak akan membiarkan kita, Ia pasti mempersiapkan rancangan yang terbaik buat kita. Segala sesuatu yang Ia perbuat adalah baik adanya.
3. (ayat 11) Dalam Allah
Kita sebagai anak-anakNya pun sudah seharusnya bermegah dalam Allah, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu. Pendamaian yang dimaksud adalah anugerah keselamatan. Dimana anugerah ini memiliki sifat yang pasti ketika kita percaya kepadaNya.

Jadi, sebagai anak-anakNya, kita haruslah juga bermegah dalam hal2 di atas. Karena ketiga hal di atas mengarah pada suatu kepastian atau suatu hal tidak akan hilang. Gbu

*dikembangkan dari khotbah di Gereja Alkitab Anugerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar