Selasa, 26 Juni 2012

Persekutuan Pelajar Kristen (PPK) SMANSA Palu

"Syalooom!"
Itulah kata yang sering kita dengar saat mengikuti ibadah-ibadah di gereja maupun persekutuan. Tak jarang saat kita mengikuti ibadah hari jumat di sekolah, kita juga mendengar kata itu. Berbicara tentang ibadah di sekolah, kita pun pasti ingat dengan yang namanya 'PPK atau Persekutuan Pelajar Kristen'. Yup, itu adalah suatu persekutuan siswa-siswi Kristen. Dalam PPK ini ada yang namanya pengurus. Merekalah yang merancangkan sebuah program-program yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan rohani. 

(Itu tadi sedikit perkenalan tentang PPK supaya teman-teman yang membaca mengetahuinya. Sekarang kita masuk ke dalam intinya ^_^)
Kepengurusan PPK merupakan salah satu organisasi yang di dalamnya kita boleh mengenal yang namanya tanggungjawab, kedewasaan, kerjasama, dan kebersamaan. Aku ingin menulisnya karena ini juga adalah organisasi yang aku ikuti dari kelas 1 SMA.



Semuanya tentu bermula dari pemilihan pengurus PPK 09-10.  Puji Tuhan aku boleh ambil bagian untuk melayani sebagai koordinator dalam seksi doa. Awalnya masih ada rasa canggung karena kami pengurus kelas 1 masih belum terlalu akrab dengan kakak pengurus lainnya. Tapi seiring dengan berjalannya waktu dan mengikuti berbagai kegiatan bersama-sama, kami pun boleh merasakan apa yang disebut kebersamaan. Hal yang paling aku suka di PPK adalah kegiatan PD (persekutuan doa). Kegiatan ini selalu diadakan pada malam minggu. Di sini kami boleh berdiskusi, sharing tentang pengalaman hidup, saling membangun, dan saling menasihati. Kedekatan dan kekompakan kami pun semakin terasa melalui kegiatan itu. Ini ada beberapa kegiatan yang aku lewati bersama sahabat-sahabatku di PPK agkt 2009-2010 :
- Training Camp 2009



- Natal 2009


- Bakti Sosial 2010


- Ibadah Valentine 2010
- Paskah 2010

- Bible Camp 2010


- Ibadah Jumat


- Perkunjungan ke rumah sakit
- Persekutuan Doa
- Lomba Band 2010


- Ibadah Perpisahan kelas 3


- Ibadah Pengumuman hasil UN 2010


- Pemilihan Kepengurusan Baru 2010-2011



Waktu pun berganti, dan itu berarti bahwa kepengurusan PPK harus terganti. Memasuki bulan September, diadakanlah pemilihan pengurus baru tahun 2010-2011. Puji Tuhan, aku boleh masuk lagi menjadi pengurus dan terpilih menjadi ketua. Ini merupakan tanggungjawab yang cukup besar. Tapi, bersama Tuhan kita harus yakin bahwa kita bisa melakukannya b^_^d. Di kepengurusan yang baru ini, aku bersyukur karena teman-temanku yang dulu waktu kelas 1 jarang mengambil bagian dalam pelayanan bahkan jarang datang ibadah, boleh masuk menjadi pengurus dan berkerinduan untuk melayani Tuhan. Kami pun bersama-sama membangun hubungan yang lebih erat dalam Tuhan melalui pelayanan yang kami lakukan. Ini ada beberapa kegiatan yang aku lewati bersama sahabat-sahabatku di PPK agkt.2010-2011 :
- Training Camp 2010


- Natal 2010


- Berbagi kasih natal


- Bakti Sosial 2011


- Ibadah Valentine 2011
- Paskah 2011


- Bible Camp 2011


- Ibadah Jumat
- Perkunjungan ke rumah sakit
- Persekutuan Doa
- Ibadah Perpisahan kelas 3

- Ibadah Pengumuman hasil UN 2011
- Pembubaran kepengurusan PPK agkt. 2010-2011 


- Pemilihan Kepengurusan Baru



Yaa, itulah tadi kegiatan-kegiatan yang aku lalui bersama sahabat-sahabatku. Bahkan setelah kami telah selesai menjadi pengurus, kami tetap mengikuti beberapa kegiatan yang dibuat oleh pengurus baru agkt. 2011-2012, diantaranya adalah :
- Training Camp 2011





- Natal 2011




- Ibadah valentine 2012
- Paskah 2012



- Ibadah perpisahan kelas 3


- dll.

Kami juga bersama-sama mengikuti acara pernikahan pembina PPK kami, yaitu ibu emil (klik disini untuk lebih lengkap). 

Itu semua merupakan bukti kekompakan dan kebersamaan kami yang telah ada. Sungguh menyenangkan memiliki sahabat seperti mereka, sahabat yang juga satu dalam Tuhan Yesus. Adapun hal yang berkesan selama aku menjadi pengurus PPK adalah saat kita menghadapi suatu tantangan. Banyak banget tantangan yang kita hadapi selama menjalani kepengurusan ini. Mulai dari adanya miscomunication, misconception, masalah dana, masalah kerjasama, masalah tanggungjawab,dll. Tapi, itulah yang membuat kepengurusan ini semakin berwarna. Seperti kata seseorang yang bijaksana, " Ministry is not a ministry without a problem". Jangan berpikir bahwa dalam melayani Tuhan, kita akan selalu mengalami hal yang menyenangkan . Tuhan pernah berfirman bahwa jika kita ingin mengikut Dia, kita harus pikul salib. Ini berarti bahwa jalan yang kita tempuh tidak selamanya mulus dan lurus. Akan ada jalan yang berbatu-batu dan juga berliku-liku. Melalui jalan itulah Tuhan sedang membentuk kita untuk menjadi anak-anak-Nya yang lebih bertumbuh dalam iman, serta dewasa dalam Tuhan. Aku bersyukur karena kami boleh menghadapi berbagai tantangan, karena dari situ kami bersama-sama boleh belajar tentang banyak hal yang sebelumnya belum pernah kami pelajari. Lalu, bagaimana cara kami untuk menghadapi tantangan tersebut?? Kami tetap mengandalkan Tuhan dan belajar untuk berserah penuh kepada-Nya. Kami percaya, bahwa Tuhan yang akan menguatkan kita disaat kita berserah, dan akan menjawab kita disaat kita berseru. Segala sesuatu akan indah pada waktunya. Puji Tuhan, masalah demi masalah boleh dapat kami selesaikan karena Tuhan. Thanks God!

Kedekatan kami, satu dengan yang lainnya, terlebih lagi hubungan kami dengan Tuhan sampai saat ini, itulah yang membuat kami menjadi seperti diri kami saat ini. Hopefully, melalui banyak hal yang kita alami di masa2 SMA, khususnya kepengurusan PPK, untuk ke depannya kami boleh semakin dewasa, bertanggungjawab, bertumbuh dalam Tuhan dan tetap b'ri yang terbaik untuk Tuhan. Kepada semua sahabat-sahabatku, mari kita sama-sama mengingat akan hal ini :

Raihlah janji yang Tuhan b’ri,
didalam hatimu yang suci
Serasa aku tak percaya,
harapan dia b’ri dalam hidupku



Kita s’lalu berdekatan,

Tak terasa kini kan berpisah
kesatuan hati yang terbuka,
yang membuat kita kuat




Persahabatan kan kekal bila Yesus beserta

Persahabatan tak kenal perasaan kecewa
Sampai waktunya tiba, pulang ke rumah Bapa
Waktu hidup tak panjang, bersahabatlah

Persahabatan #

Jangan tinggalkan Tuhan untuk sesuatu, tetapi
tinggalkanlah sesuatu untuk Tuhan.
Semangaaatt..
Gb all of us

2 komentar: