Rabu, 22 Agustus 2012

A New Place to Study

Bagi teman-teman yang baru lulus tahun ini, khususnya yang lulus SMA, finally "Welcome to the college!"..
Tempat belajar baru,,
teman baru,,
suasana baru,,
lingkungan baru,,
semuanya serba baru.. hehe


Tak terasa, 3 tahun masa putih abu-abu telah selesai.. Kini kita masuk ke masa kuliah.. Selamat bagi kita  yang boleh lulus dan diterima di universitas.. Setelah masa penantian hasil test yang cukup lama, baik itu hasil UN dan hasil jalur masuk ptn, kita pun boleh memasuki masa baru di perkuliahan..

Sama seperti jenjang SMP dan SMA, ketika kita memasuki tempat belajar yang baru, kita harus mengikuti masa pengenalan.. Yup, welcome to 'masa pengenalan universitas'.. Di sana aku mengenal istilah maba (mahasiswa baru).. Rasanya senang sekaligus bangga, karena kita yang dulunya sering disebut sebagai seorang siswa, kini berganti menjadi seorang mahasiswa, seseorang yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada  seorang siswa..

Untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, para maba harus mengikuti kamaba (kegiatan mahasiswa baru).. Untuk UI, kamaba berlangsung selama 1 bulan.. Ada banyak kegiatan yang harus diikuti, antara lain ;

  • latihan paduan suara untuk acara wisuda dan penyambutan maba
  • display UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk mengenalkan kegiatan-kegiatan yang ada di UI
  • OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa) yang dilaksanakan selama 1 minggu untuk mengenalkan sistem belajar perkuliahan
  • PSAU (Pengenalan Sistem Akademik tingkat Universitas) yang dilaksanakan bersamaan dengan OKK UI (Orientasi Kehidupan Kampus) dengan tema : Aku Manusia. Tugas yang diberikan pun cukup banyak. Ada tugas individu dan ada tugas kelompok. Walau begitu, esensi dari tugas-tugas OKK sangatlah berguna, tidak hanya bagi maba tapi juga bagi masyarakat umum
  • PSAF (Pengenalan Sistem Akademik tingkat Fakultas) yang diadakan di fakultas masing-masing. Tugas-tugas yang diberikan di PSAF ini juga tidak kalah banyak dengan tugas-tugas OKK, bahkan menurut maba FK (termasuk saya ^.^), tugas PSAF ini terasa lebih berat dari tugas OKK.. Ini dikarenakan tugas PSAF  itu sangatlah memberi gambaran tentang tugas-tugas yang akan diberikan ketika kita kuliah nanti serta konsekuensi apa yang akan kita dapatkan jika tidak menyelesaikan tugas atau salah mengerjakan tugas. Melaui PSAF ini banyak kegiatan-kegiatan yang sangat berkesan. So, jangan lewatkan PSAF ini :-D
  • Upacara 17 Agustus
Ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana, karena dijadwalkan setelah lebaran nanti. Tapi melalui beberapa kegiatan yang sudah terlaksana, aku boleh mengenal keadaan baru di lingkungan kampus. Memang ada rasa lelah, tapi kegiatan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi kami, para maba.. Aku juga bersyukur, bisa mengenal sistem pembelajaran yang baru, yang berbeda dengan SMA, yaitu SCL (Student Centered Learning). Jika di SMA kita selalu terpusat pada guru atau biasa disebut dengan TCL (Teacher Centered Learning), di perkuliahan nanti kita akan belajar menjadi seseorang yang aktif. Sehingga pusat pembelajaran tidak terletak pada guru/dosen, melainkan pada mahasiswa yang aktif berperan dalam pembelajaran tersebut. Guru/dosen berfungsi sebagi fasilitator.

Selain itu, aku juga bersyukur boleh mengenal teman-teman baru, kegiatan-kegiatan mahasiswa, organisasi mahasiswa, serta sarana dan prasarana yang ada di kampus..

Logo OKK UI 2012
Hari pertama OKK UI 2012
Para maba diharapkan untuk memperhatikan dengan saksama
Salah satu tugas PSAF : membuat foto angkatan di depan tulisan FKUI
Melalui tugas yang ada, kami pun boleh berkenalan satu dengan yang lain dan mendapat teman baru :) 
Salah satu tugas OKK : membuat kelompok
Melalui kelompok ini, kita diberi beberapa tugas kelompok, antara lain ;
membuat video, esai dan lain2..
dari kiri : Patra (FK), Icha (FKG), Adila (FKM), me, Vava (FT)

Walaupun masih dalam suasana yang baru, tapi perlahan-lahan kita akan terbiasa dengan lingkungan tersebut. Beberapa tips dariku untuk beradapatasi di lingkungan baru :
1. Be your self
2. Be brave
3. Be fun
Walau tugas dan tanggung jawab yang diberikan lebih besar, tetap semangat menjadi seorang mahasiswa dan tetap berikan yang terbaik untuk Tuhan, keluarga, masyarakat, bahkan bangsa dan negara. Mari kita jalani kehidupan yang baru di kancah perkuliahan. Semangat !

"Welcome Maba"
^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar